Brand loyalty adalah istilah yang merujuk pada loyalitas konsumen terhadap merek dan produk sehingga memicu repeat order. Dalam sudut pandang pemasaran, aspek ini memegang peran penting untuk kemajuan bisnis, baik dari segi penjualan maupun keberlangsungan jangka panjang.
Dampak kesetiaan pelanggan terhadap merek tak sebatas mendorong pembelian ulang saja. Pelanggan yang merasa puas dengan merek, entah dari segi kualitas atau pelayanan yang berkualitas akan membantu bisnis meningkatkan reputasinya. Hal ini dapat terjadi karena orang yang puas cenderung membagikan ulasan positif di media sosial.
Tak hanya itu, pelanggan yang harapannya terpenuhi akan sukarela merekomendasikan produk ke orang lain. Sob. Hasil studi dari Nielsen Global Trust in Advertising Survey tahun 2012 juga menunjukkan hasil yang relevan sama pandangan ini. Menurut survei Nielsen, 92% orang lebih percaya sama rekomendasi dari orang terdekat, seperti keluarga dan teman.
Nah, citra merek yang bagus dan stabil mendorong terjadinya word of mouth marketing ini, Sob. Strategi marketing dari mulut ke mulut ini akan berdampak besar kalau produk dan layanan yang dijual mampu menyelesaikan masalah konsumen.
Oleh karena itu, aspek brand loyalty sama sekali tidak boleh dianggap remeh. Jika suatu bisnis sudah mampu mempertahankan pelanggan setia, mereka tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang dan tenaga untuk membuat iklan. Jadi, biaya untuk promosi bisa dialokasikan ke bagian yang tak kalah krusial.
Nah, kamu tahu brand apa saja yang berhasil mendapatkan pelanggan setia berkat citra dan reputasi mereka? Yuk, kita bahas tiga merek yang dapat menjadi contoh brand loyalty terbaik di tahun 2024.
Contoh Brand Loyalty Terbaik di Tahun 2024
Berikut ini ada lima merek yang memiliki pelanggan setia, bahkan penggemar yang tak segan membeli produk terbaru meski harganya tergolong mahal. Mari kita kupas tuntas satu per satu, Sob.
1. Contoh Brand Loyalty Apple
Sebagai merek kelas atas, Apple berhasil menjadi patokan untuk mengukur kelas sosial seseorang, Sob. Kalau kamu peka sama tren sosial, kamu pasti menyadari kalau banyak orang yang sangat ingin memiliki iPhone. Padahal harga iPhone tergolong mahal untuk ukuran kelas menengah, ya.
Nah, loyalitas pengguna iPhone terbentuk dari kualitas dan branding yang diciptakan oleh merek ini, Sob. Apple membangun citra merek sebagai perusahaan teknologi yang elegan dan inovatif. Citra ini terlihat dari warna khas Apple, fitur di ponselnya, hingga tagline mereka di media sosial.
Hal ini didukung sama data dari Cell Phone Brand Loyalty Survey 2019 oleh SellCell yang menunjukkan bahwa 90% pengguna iPhone ingin membeli produk keluaran terbaru dari Apple. Wah, dominasi pengguna Apple setia banget, ya!
2. Contoh Brand Loyalty Starbucks
Sama seperti Apple, merek kopi ini juga diasosiasikan dengan kelas atas dan status sosial menengah ke atas. Mengapa bisa demikian? Gerai kopi Starbucks dianggap bergengsi karena banyak faktor, mulai dari desain gerainya, harga kopinya, hingga standarnya.
Seperti yang kita tahu, Starbucks datang dari luar negeri dan tidak semua mall memiliki gerai kopi mahal ini. Selain itu, Starbucks juga dikenal berkat pelayanan pelanggannya yang baik dan meninggalkan kesan yang memuaskan.
Di sisi lain, kebiasan minum kopi perlahan berubah menjadi gaya hidup, terutama di kalangan anak muda. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan minum kopi, gerai Starbucks yang sudah punya nama besar pun makin populer.
3. Contoh Brand Loyalty Nike
Merek sepatu lari Nike tak hanya memberikan kualitas terbaik di tiap produknya, Sob. Sejak awal Nike terbentuk, merek ini sudah memiliki brand story yang kuat. Nike mengajak semua orang untuk tidak ragu melakukan apa pun melalui tagline “Just Do It”. Nah, tagline ini sangat relevan dengan target konsumen Nike, yaitu atlet, orang yang hobi lari, hingga siapa saja yang ingin aktif berolahraga.\
Melalui cerita merek yang kuat ini, Nike mampu menarik pelanggan setia dari seluruh dunia, Sob.
Nah, itulah tiga merek kelas dunia yang dapat kita petik strateginya dalam melakukan pemasaran hingga mampu mendapatkan pelanggan setia!
Penulis: Gheani Kirani
Foto: Unsplash.com