Meningkatkan brand awareness akan menjadi fokus utama bagi bisnis yang baru mulai berkembang. Bisnis tidak hanya membutuhkan kualitas produk atau layanan yang maksimal, tetapi juga kesadaran merek yang kuat. Target konsumen perlu mengingat merek dengan baik sehingga cenderung membeli produk dari merek tersebut.
Bayangkan jika produk sudah memenuhi kebutuhan konsumen, tapi tidak banyak orang yang mengingat merek produk tersebut. Tentu saja, konsumen akan beralih pada merek lain yang sudah dikenalnya. Hal ini berdampak pada penjualan yang dapat terus stagnan atau malah menurun.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan brand identity dan value produk di ingatan pembeli melalui brand awareness. Selain bermanfaat dalam jangka panjang, kesadaran merek yang kuat akan membedakan merek dengan kompetitor sejenis. Dengan mendongkrak ciri khas ini, produk akan memiliki keunikan yang mudah dikenali konsumen.
Jadi, brand awareness yang kuat sangat diperlukan bagi bisnis, baik yang ingin berkembang atau sedang meningkatkan penjualan. Nah, berikut ini ada 15 cara ampuh untuk meningkatkan kesadaran merek di media sosial.
1. Tampilkan Identitas Merek dalam Logo
Cara meningkatkan brand awareness yang pertama memperkuat identitas merek pada elemen logo. Sebagai elemen visual yang merepresentasikan brand, logo akan selalu muncul dan dilihat pertama kali oleh konsumen.
Oleh sebab itu, logo harus menampilkan identitas produk, kepribadian merek, dan ciri khas yang kuat.
2. Riset Target Konsumen Secara Mendalam
Strategi brand awareness dapat memberikan efek maksimal jika brand sudah mengenal target konsumen. Dengan mengenal target konsumen yang diincar, bisnis dapat menggunakan elemen visual dan gaya bahasa yang tepat untuk merangkul pelanggan.
Oleh karena itu, lakukan riset yang mendalam untuk mengenal target konsumen secara spesifik.
3. Gunakan Tagline yang Mudah Diingat
Tagline atau slogan bagi merek adalah elemen yang sangat penting. Mari ambil contoh nyata dari merek-merek terkenal, seperti Kit Kat, Nike, Coca Cola, dan Indomie. Merek-merek ini punya tagline yang khas karena menunjukkan keunikan produk mereka.
Tak hanya unik, tagline empat merek ini juga singkat dan mudah diingat. Meski pendek, tapi tagline yang ditampilkan turut memuat brand value, lho.
4. Perkuat Brand Awareness dengan USP
Cara meningkatkan brand awareness yang paling penting adalah menentukan keunikan produk dari merek pesaing. Di era digital seperti sekarang, makin banyak bisnis yang bersaing di media sosial dan pasar. Oleh karena itu, produk yang memiliki keunikan akan lebih mudah diingat konsumen.
Nah, brand perlu menemukan unique selling proposition (USP), yaitu nilai unik yang terkandung dalam produk. USP in penting karena memberi nilai tambah bagi produk di mata konsumen.
5. Pelajari Audiens di Media Sosial yang Digunakan
Ada strategi yang tak kalah penting dari penentuan USP, yaitu mempelajari audiens yang diincar. Strategi digital marketing pasti dilakukan di media sosial. Akan tetapi, kalau brand tidak mengenal audiens dan keunggulan media sosial tersebut maka dampak strateginya akan kurang maksimal.
Jadi, pelajari dulu kecenderungan audiens di tiap media sosial agar pemilihan strategi dan pembuatan konten jadi lebih efektif.
6. Konsisten Membuat Konten yang Tepat Sasaran
Setelah menguasai media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk, brand juga perlu menjaga konsistensi. Aktif membangun citra positif memang sangat penting, tapi jangan lalai dalam membuat konten.
Pastikan konsisten membuat konten yang tepat sasaran dan sesuai dengan target. Jangan lupa untuk menjaga ketertarikan audiens dengan memiliki jadwal konten yang terencana, ya. Tanpa konsistensi, audiens akan lebih mudah melupakan merek sehingga brand awareness pun melemah.
7. Maksimalkan Peran Copywriting untuk Brand Awareness
Baik itu konten soft selling atau hard selling, peran copywriting sangat diperlukan agar target pemasaran melalui konten tidak sia-sia. Oleh karena itu, maksimalkan strategi melalui copywriting yang ciamik.
Ada banyak formula copywriting, seperti AIDA, PAS, FAB, dan lain-lain. Semua rumus copywriting memiliki manfaat dan efek yang berbeda. Jadi, silakan pilih dan gunakan yang paling sesuai untuk target brand.
8. Tumbuhkan Kepercayaan Target Konsumen dengan Review
Jika produk sudah pernah terjual, brand dapat memanfaatkan ulasan positif yang ditulis konsumen untuk memperkuat citra merek. Strategi ini cukup jitu untuk meningkatkan kesadaran merek karena audiens lebih mudah percaya pada review orang lain.
Cara menampilkan review pembeli ini dapat dilakukan dengan membuat konten khusus atau ditaruh langsung pada sorotan story Instagram.
9. Tingkatkan Brand Awareness dengan Program Referral
Selain memanfaatkan ulasan positif, kreativitas sangat diperlukan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya dengan membuat program menarik, tetapi menyelipkan trik marketing, yaitu referral code.
Misalnya pengguna aplikasi dari brand dapat memberikan kode mereka kepada orang lain untuk dipakai. Lalu, pengguna akan diberi bonus dan brand mendapatkan promosi gratis.
10. Manfaatkan Hadiah Berupa Promo, Diskon, dan Reward
Jika produk sudah mendapat ulasan positif dan menarik pelanggan setia, kini mulailah strategi yang lebih aktif. Pelanggan tetap perlu diberi “hadiah” berupa promo menarik setiap kali ada momen spesial (hari raya, tanggal cantik, dll). Beri juga diskon setiap kali pelanggan melakukan transaksi yang “spesial”.
Kalau perlu, brand dapat memberi reward khusus pelanggan setia, seperti merchandise.
11. Gandeng Influencer untuk Meningkatkan Brand Awareness
Jangan terpaku pada pemasaran konten yang biasa saja. Brand perlu melebarkan sayap dengan cara menggandeng influencer yang cocok untuk memasarkan produk. Strategi influencer marketing ini akan berdampak besar karena influencer sudah memiliki pengikut setia.
12. Kembangkan Website dan Aplikasi yang User Friendly
Strategi yang juga krusial bagi peningkatan kesadaran merek adalah membuat aplikasi yang ramah pengguna. Pastikan tata cara penggunaan dan fitur-fitur di dalam aplikasi mudah dipahami oleh user. Begitu pula dengan website bisnis, pastikan tampilannya user friendly.
13. Pasarkan Produk Melalui Iklan di Media Sosial
Ada banyak layanan iklan di media sosial, seperti Instagram Ads dan Facebook Ads. Google Ads juga potensial karena Google masih menjadi search engine nomor satu di dunia. Jadi, manfaatkan iklan untuk memperluas jangkauan produk.
14. Event Marketing untuk Dongkrak Brand Awareness
Melalui event marketing, brand dapat menjadi sponsor di suatu acara dan mendapatkan sorotan. Tidak hanya sorotan, brand juga dapat memperluas jangkauan konsumen, mengenalkan produk secara langsung, dan memajang logo.
15. Pastikan Layanan Selalu Ramah dan Cepat Tanggap
Cara terakhir yang mungkin sering dilupakan saat membangun kesadaran merek adalah menjaga kualitas pelayanan. Ada banyak kasus konsumen yang memberikan respons negatif, melayangkan protes, atau mengeluhkan kerusakan produk. Nah, hal-hal seperti ini sangat perlu ditanggapi dengan ramah dan cepat.
Penulis: Gheani Kirani B.T
Referensi:
Foto:
Freepik
Yahoo Finance
Comments
Comments are closed.