Event marketing adalah kegiatan yang dirancang dengan tujuan mempromosikan atau memperkenalkan sebuah produk dan layanan dari sebuah brand. Dalam upaya promosi, banyak strategi yang perlu dilakukan oleh para pelaku usaha, seperti pemasaran yang maksimal dan branding yang tepat.
Strategi pemasaran menggunakan konten media sosial atau artikel di blog sudah akrab diketahui banyak orang. Tak hanya itu, strategi branding yang tepat juga berdampak besar bagi citra produk atau layanan yang dijual. Nah, selain strategi digital marketing dan branding ini, dalam ranah pemasaran juga dikenal event marketing.
Menyelenggarakan acara dengan tujuan utama memasarkan sebuah merek fokus pada dua strategi, yaitu event branding dan event marketing. Supaya pemahaman tentang pemasaran menggunakan event ini makin mendalam, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.
Apa yang Dimaksud Event Marketing?
Event marketing merupakan strategi pemasaran dengan cara menggelar atau mendukung acara untuk memasarkan produk atau jasa dari brand kepada para pengunjung yang menjadi target pasar.
Strategi ini dilakukan dengan membuka tempat bagi para sponsor dalam acara, seperti seminar, festival, konser, pameran, dan lain sebagainya. Jadi, para pemilik bisnis dapat menjadi sponsor sebuah acara untuk memperkenalkan produk atau mereknya kepada audiens yang hadir di event tersebut.
Contoh Event Marketing yang Kreatif
Ada beberapa contoh acara yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan merek kepada para pengunjung yang hadir, seperti berikut ini.
1. Pertandingan Olahraga untuk Gen Z
Kamu pasti mendengar tentang acara-acara olahraga yang dibuat Vindes, seperti Tepok Bulu dan Bukan Voli. Acara ini disebut sportainment yang mengemas pertandingan olahraga dalam konsep hiburan yang umumnya diminati gen Z. Saat ini, pertandingan olahraga yang profesional juga banyak diminati oleh masyarakat.
Oleh sebab itu, jika suatu merek menjadi sponsor dalam acara olahraga maka mampu menyasar target audiens dari anak-anak muda hingga orang dewasa. Terlebih lagi, keterlibatan audiens acara olahraga termasuk tinggi karena banyak yang hadir di venue.
2. Konser dan Festival Musik
Berbagai festival musik tahun masih memiliki banyak peminat, terutama dari kalangan gen Z dan millenial. Sebut saja festival musik We The Fest, Pestapora, DWP, Synchronize Fest, dan lain-lain yang tiketnya selalu habis terjual.
Menjadi sponsor dalam festival musik membuka peluang bagi merek untuk mendapat exposure yang maksimal.
3. Pameran dan Seminar atau Konferensi
Tidak hanya acara yang bersifat hiburan saja, event marketing juga dapat dilakukan di pameran atau seminar yang formal. Acara pameran memiliki peluang untuk pemasaran merek karena fleksibel terhadap berbagai topik, seperti pameran budaya, pameran seni lukis, pameran fashion, dan lain-lain.
Selain itu, acara seminar dan konferensi juga membuka peluang bagi pemasaran karena dihadiri oleh tokoh-tokoh publik yang menarik atensi audiens.
4. Roadshow Khusus dan Event Launching Produk
Jika perusahaan ingin mempromosikan produk melalui acara maka ada opsi tambahan selain menjadi sponsor. Perusahaan dapat membuat acara sendiri yang secara khusus ditujukan untuk memasarkan merek.
Jenis event yang dapat dilakukan adalah roadshow dan acara launching produk. Dalam acara roadshow, perusahaan menjangkau target pasar dengan mendatangi langsung ke kota-kota yang menjadi sasaran. Kemudian, acara launching produk juga dapat melibatkan pers dan media yang akan menciptakan exposure pada merek.
Tujuan Pemasaran Merek dalam Acara
Lantas, apa sebenarnya tujuan dari pemasaran merek yang dilakukan di dalam event, ya? Temukan jawabannya di bawah ini.
1. Memperkenalkan Produk dan Layanan dari Brand
Event yang dihadiri banyak pengunjung atau sudah memiliki audiens menjadi wadah yang tepat untuk memperkenalkan merek. Dengan menjadi sponsor, brand dapat menempatkan promosi mengenai produk mereka di sekitar venue.
Logo-logo sponsor juga dapat diletakkan di teaser atau poster acara sehingga mudah dilihat audiens.
2. Event Marketing Bertujuan Menjangkau Konsumen
Jika kita sering melihat logo brand yang menjadi sponsor sebuah acara, tentu kita akan lebih mudah mengingatnya. Terlebih lagi, jika merek tersebut terlibat secara aktif dalam acara tersebut, seperti mengadakan game berhadiah.
3. Mendekati Target Konsumen dengan Emosional
Audiens yang menghadiri sebuah acara sudah pasti menyukai acara tersebut atau sesuai dengan hobinya. Dalam hal ini, brand dapat melakukan pendekatan emosional dengan menjual produk atau memperkenalkan merek.
Apa Saja Manfaat Event Marketing?
Tentu saja pemasaran di dalam event memiliki beberapa manfaat bagi pengembangan binis, seperti yang terangkum di bawah ini.
1. Event Marketing Bermanfaat Meningkatkan Brand Awareness
Kesadaran merek merupakan hal krusial yang menjadi pondasi brand. Nah, pemasaran produk di acara yang memiliki audiens tersendiri ternyata membantu meningkatkan kesadaran para pengunjung terhadap suatu merek.
2. Menciptakan Reputasi dan Citra Merek yang Baik
Selama upaya pemasaran di event, suatu merek dapat membangun reputasi dengan cara melakukan promosi yang baik. Kesan pertama audiens terhadap promosi ini akan membentuk citra merek yang baik pula.
3. Membangun Komunikasi yang Intens Kepada Calon Konsumen
Jika suatu merek menjadi sponsor atau membuat acara khusus dengan tujuan marketing, tentu saja dapat membangun komunikasi yang dekat kepada calon pelanggan. Di zaman yang modern dan serbadigital, pendekatan yang intens kepada konsumen sangat diperlukan.
Strategi Menerapkan Event Marketing dengan Kreatif
Ada tiga tahap strategi yang perlu dilakukan suatu brand sebelum memulai pemasaran di dalam acara, yaitu berikut ini.
1. Meninjau Budget untuk Sponsor atau Pembuatan Event
Hal paling penting yang perlu dilakukan adalah menghitung anggaran untuk menjadi sponsor. Jika perusahaan ingin membuat acara khusus maka perhitungan budget harus lebih matang.
Langkah ini dilakukan agar tujuan event marketing dapat tercapai, seperti mendongkrak promosi dan brand awareness.
2. Mengkaji Target dan Pesan yang Ingin Disampaikan
Sebelum memulai promosi, perusahaan perlu menetapkan target atau pesan (value) dari produk yang akan diperkenalkan kepada audiens. Target dan value dari tiap mereka tentunya berbeda, seperti ingin fokus pada pengenalan produk saja atau harus menambah penjualan.
3. Menetapkan Cara Promosi dan Media yang Tepat
Selama promosi, brand juga perlu melakukan cara promosi terbaik agar pemasaran ini mampu mencapai target. Oleh karena itu, pikirkan juga media promosinya, terutama jika brand ingin membuat acara khusus.
Penulis: Gheani Kirani B.T
Referensi:
Foto:
Unsplash.com
Comments
Comments are closed.