Content marketing adalah strategi pemasaran yang sangat penting untuk menarik minat audiens melalui berbagai jenis konten, seperti tulisan, video, visual, dan audio.
Di era sekarang, kehadiran AI (artificial intelligence) membuat persaingan konten di ranah digital makin ketat. Oleh karena itu, para marketer dan pemilik bisnis perlu melakukan pendekatan yang lebih strategis, seperti dalam konten dan copywriting.
Selain demi mengikuti tren digital, tahun 2024 akan dipenuhi tantangan karena adanya marketing 6.0 dan kebutuhan audiens untuk berinteraksi di dunia maya. Salah satu pendekatan strategis yang dipandang jitu untuk bersaing di era ini adalah content marketing.
Melalui pemasaran yang matang dan terencana, konten-konten yang dibagikan kepada audiens dapat mencapai sasaran, seperti interaksi dan kepercayaan. Dengan perkembangan AI yang masif, konten akan menjadi senjata yang ampuh untuk menjangkau dan mempertahankan loyalitas audiens.
Lantas, mengapa content marketing perlu dipahami dan direncanakan di tahun 2024?
Alasan Content Marketing Sangat Penting di Tahun 2024
Melansir dari berbagai sumber, ada dua alasan krusial mengapa kamu perlu mendalami content marketing di tahun ini, terutama jika kamu berkarier di ranah digital.
1. Membangun Hubungan dengan Audiens
Di tahun 2024, konten tidak hanya digunakan untuk menyampaikan informasi terkait produk dan jasa dari brand. Lebih dalam lagi, konten yang berkualitas dapat membangun ikatan yang kuat dengan audiens.
Alhasil, audiens akan percaya dengan brand melalui pesan atau cerita yang disampaikan melalui konten. Dengan cara ini, brand dapat menjadi top of mind di benak audiens.
2. Konten adalah Investasi Jangka Panjang
Pemasaran konten di era sekarang gencar menyasar berbagai platform, seperti media sosial dan blog. Hal ini karena konten berkualitas dapat terus mendatangkan trafik dan leads.
Melalui kombinasi konten evergreen yang tidak musiman dan konten bertopik viral atau tren, blog dapat memperoleh trafik organik. Begitu pula dengan media sosial yang tepat digunakan untuk berinteraksi dengan audiens.
Jadi, content marketing adalah pendekatan strategis untuk membuat konten yang punya value tinggi, relevan, dan konsisten dengan berbagai jenis untuk mempertahankan audiens.
Melihat dari definisi dan alasan penting di baliknya, pemasaran konten memiliki tiga tujuan yang perlu kamu pahami sebelum membuat strategi.
Apa Tujuan Content Marketing di Era Marketing 6.0?
Dilansir dari berbagai sumber valid, ada dua tujuan pemasaran konten, terutama di era marketing 6.0 tahun ini.
1. Content Marketing Meningkatkan Brand Awareness
Apa aspek krusial yang perlu ditingkatkan untuk bersaing di dunia pemasaran digital? Tentu saja brand awareness atau ukuran seberapa dalam konsumen mengingat merek kamu.
Nah, cara menumbuhkan kesadaran merek ini dapat dimulai dari pembuatan konten di media sosial dan blog. Nah, di sinilah peran pemasaran konten perlu berjalan maksimal.
2. Memperoleh Kepercayaan dan Exposure
Saat ini, konten sangat mudah dibuat melalui bantuan AI. Terlebih lagi, gen Z dan kaum millenial semakin menguasai media sosial. Oleh sebab itu, brand perlu menonjol dan “terlihat” di tengah persaingan.
Melalui pemasaran konten yang tepat, brand dapat meraup trafik dalam jumlah besar sehingga exposure meningkat. Artinya konten di media sosial menjangkau banyak audiens dan konten pada blog mampu mendatangkan trafik secara konsisten.
Dua hal ini yang berperan besar menumbuhkan kepercayaan audiens, Sob. Nah, biar kamu lebih paham, mari simak contoh-contohnya!
Contoh Content Marketing di Tahun 2024
Ada tiga contoh content marketing yang tetap relevan di tahun 2024. Tiga jenis konten ini bisa digunakan untuk bersaing di era pemasaran yang baru.
1. Blog atau Website
Peran SEO dan SEM masih akan tetap relevan di tahun 2024 karena hingga saat ini Google masih menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan. Google juga konsisten memperbarui algoritma untuk membantu user menemukan informasi terbaik.
2. Infografis
Konten infografis juga masih relevan karena dunia maya dipenuhi dengan informasi dari berbagai sumber. Oleh karena itu, audiens membutuhkan rangkuman data dalam konten yang mudah dipahami.
Nah, itulah sebabnya peran infograris dibutuhkan. Apalagi kalau konten infografis juga menyajikan keunggulan brand dari data statistik.
3. Video dan Podcast
Tren konten audio dan audio-visual akan relevan dalam waktu yang lama. Popularitas dua jenis konten ini didukung oleh tren media sosial, seperti TikTok yang berbasis konten video.
Sejak tren podcast muncul, makin banyak gen z yang menggandrungi konten audio ini. Terlebih lagi ada nilai-nilai edukasi dan hiburan yang dapat digabungkan melalui podcast.
Lantas, bagaimana strategi untuk menerapkan pemasaran konten yang tepat?
Strategi Membuat Konten untuk Marketing 2024
Ada banyak strategi untuk membuat konten bagi pemasaran digital. Akan tetapi, hal pertama yang harus menjadi target dalam membuat content untuk marketing adalah melakukan riset audiens.
Sebelum memulai perencanaan konten, tentukan dulu target audiens secara spesifik. Dalam prosesnya, terlebih dahulu lakukan riset menyeluruh tentang visi, kebutuhan, dan value dari brand. Dari hasil riset ini, kamu bisa menemukan persona audiens yang cocok sehingga proses pembuatan konten pun akan tepat sasaran.
Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai pemasaran konten ter-update untuk tahun 2024, Sob!
Penulis: Gheani Kirani B.T
Referensi: qontak.com
Foto: Unsplash.com