/10 Fakta Menarik Sea Games 2023 Kamboja: Ada 4 Cabor Baru yang Unik
10 fakta menarik Sea Games 2023 Kamboja

10 Fakta Menarik Sea Games 2023 Kamboja: Ada 4 Cabor Baru yang Unik

Sea Games 2023 yang digelar di Kamboja resmi berakhir pada 17 Mei dengan hadirnya berbagai fakta menarik di balik kemegahannya. Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini mulai diselenggarakan sejak 29 April, tetapi baru resmi dibuka pada 5 Mei lalu.

Ajang multiolahraga yang diadakan tiap dua tahun ini sudah berjalan sejak tahun 1959 dengan perhelatan pertama digelar di Bangkok, Thailand. Setiap kali digelar, ada 11 negara yang ikut serta. Di tahun ini Sea Games 2023 sukses menghadirkan 36 cabang olahraga yang diikuti 6.210 atlet.

Sejak hari pertama digelar hingga sekarang, ajang Sea Games yang penuh warna dan perjuangan masih membekas di ingatan masyarakat. Mau tahu apa saja fakta menarik seputar Sea Games 2023 di Kamboja? Simak fakta-faktanya di bawah ini!

1. Kamboja jadi tuan rumah untuk pertama kali

Sejak diadakan pada tahun 1959 silam, Kamboja belum pernah menjadi tuan rumah Sea Games. Barulah di Sea Games edisi ke-32, Kamboja mendapat kesempatan mewadahi ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini. Pesta multiolahraga ini digelar di lima kota besar, yaitu  Phnom Penh, Siem Reap, Sihanoukville, Kampot, dan Kep. Adapun ibu kota Kamboja, Phnom Penh menjadi tempat utama dilangsungkannya Sea Games.

2. Sekolah diliburkan untuk mencegah kemacetan

Di balik antusias masyarakat Kamboja, pemerintah Kamboja tampaknya sangat serius mewadahi Sea Games. Demi mencegah kemacetan yang bisa menghambat akses atlet dan para penonton, pemerintah pun meliburkan sekolah di Phnom Penh selama sebulan.

3. Tiket gratis sebagai dukungan bagi para atlet tuan rumah

Demi memberikan dukungan maksimal kepada para atlet tuan rumah, CAMSOC atau panitia penyelenggara Sea Games Kamboja sampai menggratiskan seluruh tiket, lho! Tiket gratis ini sudah termasuk upacara pembukaan dan penutupan serta ajang Para Games ke-12.

Pemerintah Kamboja berusaha menarik warga lokal supaya datang ke stadion dan mendukung atlet-atlet mereka. Tentunya ini inovasi yang patut diapresiasi, ya, Sob. Berkaca dari perhelatan Sea Games di negara-negara lain, setiap pertandingan akan dipungut biaya.

Satu hal lagi yang layak diapresiasi adalah tiket gratis ini tidak hanya berlaku bagi warga Kamboja, tapi juga tamu dan pendukung dari negara lain.

4. Tiga bendera dikibarkan terbalik saat gladi pembukaan

Tiga bendera dari Indonesia, Vietnam, dan Myanmar dikibarkan terbalik di upacara pembukaan Sea Games 2023.
Sumber: detik.com

Di tengah perjuangan para atlet, ada kejadian unik yang terjadi saat gladi bersih upara pembukaan. Ketika agenda pengibaran bendera dari 11 negara yang ikut serta berlangsung, tiga benda yang salah dikibarkan. Bendera Indonesia, Vietnam, dan Myanmar dikibarkan terbalik.

Buntut dari kejadian ini membuahkan permintaan maaf resmi dari pihak pemerintah Kamboja. Komite Olimpiade Indonesia pun sudah menerima permintaan maaf dari Kamboja. Wah, ada-ada saja, ya, Sob.

5. Hadirnya 4 cabor baru yang menarik perhatian

Apa saja cabor Sea Games yang kamu kenal, Sob? Pastinya nggak jauh dari sepak bola, atletik, dan sejenisnya, ya. Nah, uniknya di Sea Games Kamboja 2023 ini, ada 4 cabor baru dengan nama yang unik banget. Ada cabor kun bokator, vovinam, arnis, dan teqball.

Kun bokator adalah cabor dari olahraga tradisional Kamboja, yaitu seni bela diri yang telah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Sama dengan kun bokator, cabor vovinam adalah seni bela diri tradisional dari Vietnam. Sementara itu, seni bela diri arnis berasal dari Filipina. Nah, kalau teqball ini semacama modifikasi cabor tenis meja, tapi memakai meja yang melengkung dan dimainkan menggunakan kaki pemain.

6. Seragam semua atlet Thailand ramah lingkungan

Seluruh dunia tengah mengadapi krisis iklim yang semakin nyata. Ajang sebesar Sea Games Kamboja 2023 pastinya menciptakan lebih banyak emisi karbon. Oleh karena itulah, Thailand melakukan inovasi dengan membuat seragam dari botol plastik daur ulang. Semua atlet Thailand memakai seragam ramah lingkungan selama Sea Games 2023.

Direktur Manajer Grand Sport, Thiti Pluckchaoom menyatakan kalau inovasi ini dibuat untuk menanamkan kesadaran tentang krisis iklim dan masalah limbah.

7. Lampu mobil menyorot podium cabor atletik

Podium cabor atletik di Sea Games 2023 Kamboja disorot dengan lampu mobil.
Sumber: TikTok/bungabdur

Kejadian ini tak kalah viral dari insiden tiga bendera terbalik. Saat pengalungan medali untuk tiga pemenang cabor atletik, fasilitas penerangan dalam kondisi terbatas. Sebagai solusi atas masalah ini, panitia menggunakan lampu mobil untuk menerangi podium.

8. Fasilitas kursi plastik yang mencuri atensi

Sea Games Kamboja 2023 kali ini punya banyak sisi yang hangat dibicarakan. Selain kejadian lampu mobil di podium cabor atletik, kali ini ruang ganti pemain di Stadion Nasional Kamboja mendapat banyak sorotan.

Ruang ganti timnas Indonesia di Sea Games 2023 mennggunakan kursi plastik.
Sumber: Instagram/PSSI

Stadion yang terletak di Phnom Penh itu menyediakan fasilitas kursi plastik bagi ruang ganti pemain. Tanpa mengurangi rasa hormat pada tuan rumah, fasilitas ini mencuri atensi dan menimbulkan banyak penilaian dari warganet yang menyoroti Sea Games 2023.

9. Atap di kamar atlet bocor saat hujan

Kejadian tak terlupakan selama pergelaran Sea Games 2023 menimpa atlet-atley cabor bulu tangkis Indonesia. Atap di kamar yang Komang Ayu Cahya Dewi, Mutiara Ayu Puspita Dewi, dan Stephanie Widjaja huni mengalami kebocoran. Saat itu tengah hujan deras sehingga plafon atap pun bocor.

10. Sepak bola Indonesia cetak sejarah setelah 32 tahun

Penantian panjang Indonesia untuk meraih medali emas cabor sepak bola akhirnya bisa tercapai di tahun ini. Setelah 32 tahun, timnas U-22 Indonesia berhasil mengalahkan timnas Thailand di final dan mengamankan posisi juara. Tak berlebihan jika dikatakan Indonesia telah mencetak sejarah baru di Sea Games 2023.

Penulis: Gheani Kirani B.T

Referensi:

Onefootball.com

Foto:

Instagram/ PSSI

Instagram/ detik.com

TikTok/bungabdur

Harianhaluan.com