Siapa sih yang ga kenal dengan aplikasi TikTok? Sebuah aplikasi yang membooming ketika kita dihadapi dengan situasi pandemi yang menuntut kita untuk tetap di rumah. Tiktok merupakan sebuah platform online berbasis video singkat yang memungkinkan para penggunanya untuk menyanyi, menari atau bahkan memutar klip audio atau lagu yang sudah ada sebelumnya. Tiktok juga menyediakan fitur duet yaitu fitur dimana penggunanya dapat merespons video pengguna lain dan menjadi satu konten video singkat bersama. Hal tersebut tentu menjadi salah satu daya tarik Tiktok sebagai pendekat antara pengguna satu dan pengguna yang lain.
Bagaimana Tiktok menjadi pelarian anak muda?
Kaum muda yang terperangkap dalam situasi yang terbatas seperti adanya pandemi ini tentu sangat mendambakan hiburan singkat yang mana hal tersebut merupakan salah satu daya tarik utama yang diberikan oleh aplikasi Tiktok. Platform ini menyediakan konten yang bermacam-macam, tidak hanya satu bentuk konten saja. Mekanisme aplikasi Tiktok menawarkan rangkaian hal baru yang tidak ada habisnya untuk ditonton dan memicu sifat aplikasi yang sangat adiktif. Keunggulan dari timeline yang diberikan di aplikasi Tiktok adalah platform ini menampilkan konten dari pengguna yang tidak diikuti oleh para pengguna lain sehingga dapat meningkatkan rasa penasaran yang tinggi tentang konten apa yang akan datang. Aplikasi ini juga memiliki persentase untuk menjadi “viral” yang sangat besar. Bahkan pengguna Tiktok dengan pengikut yang sedikit pun jika memiliki konten yang kreatif dapat dengan mudah masuk ke timeline pengguna lain untuk mendapatkan likes ataupun comment yang besar.
Selain itu Tiktok juga memberikan kesempatan monetisasi atau mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten yang dibuat. Sama halnya dengan aplikasi lain seperti YouTube, Tiktok juga memberikan kesempatan penambahan penghasilan kepada pengguna Tiktok yang memiliki jumlah followers, like dan tayangan video yang sudah mencapai ribuan penonton. Selain itu adanya patokan statistik yang tinggi bisa mendorong perusahaan, agency atau brand lain untuk melakukan sponsored post di dalam konten video Tiktok pengguna.
Mengingat adanya kemudahan untuk menjadi “viral”, selain untuk menjadi konten kreator kaum muda juga bisa mendapatkan hiburan singkat ataupun pendapatan baru yang bisa mengisi waktu luang dikala Pandemi. Oleh sebab itu tidak sedikit kaum muda yang mulai beralih kepada aplikasi Tiktok dibanding aplikasi sosial media lainnya.