/“Mindfulness at Work”: Bagaimana Caranya?

“Mindfulness at Work”: Bagaimana Caranya?

Sumber: Pexels.com

Bekerja dapat menjadi suatu rutinitas yang kita lakukan setiap harinya. Aktivitas ini juga berpotensi untuk menguras banyak energi, waktu, maupun menjadi sumber stres. Menghabiskan waktu di depan layar selama berjam-jam, deadlineyang padat, hingga tugas yang menumpuk menjadi hal yang harus kita hadapi. Namun, rutinitas ini dapat menimbulkan kecemasan yang berpengaruh terhadap performa kerja, bahkan berefek pada kesehatan fisik maupun mental kita. Jika kamu merasakan hal ini, penerapan mindfulness dalam bekerja dapat membantu mengatasinya.

Apa itu Mindfulness?

Melansir nytimes, mindfulness adalah praktik sederhana untuk menaruh perhatian penuh pada saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Artinya, berfokus pada momen sekarang ini menjadi langkah awal dalam konsep mindful itu sendiri. Dalam dunia kerja, metode ini dipercaya telah dimanfaatkan untuk mengurangi stres yang tercipta dari lingkungan kerja itu sendiri.

Sumber: Unsplash.com

Secara sederhana, mindfulness berarti menjaga kesadaran akan pikiran, perasaan, hingga lingkungan sekitar kita. Hal ini dilakukan dengan sebaik-baiknya tanpa prasangka atau penilaian yang berlebih. Ketika pola pikir ini dilatih atau diterapkan, baik beban pekerjaan hingga urusan pribadi dapat kamu jalani dengan mudah.

Praktik Mindfulness dalam Pekerjaan

Mungkin kamu pernah tidak tidur seharian untuk menguasai materi presentasi atau berusaha memenuhi deadline pekerjaan. Letih, tidak fokus, hingga mengantuk dapat mengganggu konsentrasimu. Akhirnya, efisiensi dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut menjadi turun, bahkan menghilang. Akibat yang ditimbulkan pun membuat hasil pekerjaan menjadi tidak memuaskan.

Sumber: Pexels.com

Setelah itu, kamu dapat merefleksikan diri. Apa yang salah dalam tindakan saya? Mengapa bekerja tanpa tidur itu tidak efektif? Jawabannya adalah karena manusia dewasa membutuhkan tidur tidak kurang dari 7 jam setiap harinya. Melansir mindful.org, jika kamu beristirahat dalam waktu yang cukup, efisiensi dalam melakukan aktivitasmu pun meningkat. Kamu dapat memulai hari dengan semangat yang baru. Di siang hari, kamu pun melanjutkan tugas-tugas dengan lebih baik lagi. Mindfulness ini mendorong kamu untuk lebih fokus dalam bekerja, menjalin komunikasi lebih baik lagi dengan kolega, dan membantu meningkatkan performa pekerjaan dan pengembangan diri sekaligus.

Yuk, kita belajar untuk menjadi mindful dalam setiap tindakan!

Penulis: Nasya Adinda

Referensi:

Alidina, S. (2018, November 7). 10 Ways to Be More Mindful at Work – Mindful.

Gelles, D. (2022). How to Be More Mindful at Work. The New York Times.

‌Foto:

Pexels.com

Unsplash.com