Semua penyelenggara event pasti ingin acara mereka berlangsung meriah dan mampu mendatangkan banyak pengunjung. Namun, membuat acara yang sukses itu butuh rencana juga, lho. Salah satunya adalah menggandeng media partnership. Nah, kamu udah tau belum apa itu media partnership dan manfaatnya bagi keberhasilan event?
Media partnership adalah bentuk kerja sama yang terbangun antara penyelenggara event dengan media-media, seperti media cetak, televisi, radio, dan lain-lain. Kerja sama ini akan saling menguntungkan kedua pihak. Pihak penyelenggara event akan mendapat promosi dari media. Sementara itu, pihak media dapat mengenalkan atau branding media mereka.
Namun, itu hanya segelintir manfaat menggandeng media partnership untuk event, Sob. Ada banyak manfaat lain ketika kita menggaet media partnership dalam promosi dan branding event. Mau tau apa aja? Yuk, simak ulasannya!
1. Mendapat promosi event di media
Keuntungan pertama tentunya mendapat promosi tambahan. Pihak media yang kamu ajak bekerja sama akan mempublikasikan event kamu di akun media mereka. Tidak hanya di media sosial, tapi juga di website media tersebut. Promosi ini sangat bermanfaat memperluas penyebaran informasi tentang event kamu, Sob.
2. Peluang menjangkau target audiens lebih besar
Jika media kamu masih kecil dan baru berkembang tentu akan sulit menjangkau target audiens, ya, Sob. Itu sebabnya media partnership menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika media tersebut memiliki banyak pengikut maka event kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens.
Oleh karena itu, sangat penting memilih media yang personal branding-nya bagus dan sudah punya nama yang besar. Jadi, kamu harus cermat memilih media untuk diajak partnership, ya, Sob!
3. Menghemat biaya promosi event
Media partnership dapat dikatakan sebagai wadah promosi gratis, Sob. Kamu nggak perlu repot-repot membayar jasa iklan di media sosial lagi. Selain itu, media partnership juga sama efektifnya dengan jasa iklan. Tinggal bagaimana kamu memilih media yang memiliki pengikut setia dan punya jangkauan pasar yang luas.
Keuntungan ini sangat membantu keuangan event kamu juga, Sob. Tentunya kamu nggak ingin keuangan acara bocor gara-gara pengeluaran terlalu besar di promosi, ‘kan?
4. Memiliki kesempatan mendapat sponsor
Kamu juga bisa mendapat kesempatan meraih sponsor, Sob. Saat acaramu disebarkan kemungkinan ada perusahaan yang melirik dan tertarik memberi sponsor. Banyak perusahaan yang mencari tempat untuk memperkenalkan produk mereka, lho. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk memfasilitasi event sehingga berjalan lebih maksimal.
5. Membentuk image event di mata publik
Image atau branding suatu event di mata publik sangat berpengaruh pada kesan para pengunjung. Jika event kamu berhasil memberikan kesan yang baik maka penerimaan publik juga bagus, Sob. Nantinya para pengunjung bisa tertarik datang ke next event kamu.
Nah, membentuk kesan yang baik ini bisa dilakukan melalui media partnership. Nama besar media yang kamu ajak kerja sama berpengaruh kepada kesan dan penerimaan publik. Misalnya media partner kamu adalah media besar yang memiliki audiens dari kalangan anak muda. Lalu, event kamu adalah festival musik populer yang cocok untuk anak muda. Para audiens media itu kemungkinan besar akan menyukai event kamu.
Selain itu, bisa juga media partner kamu menulis ulasan tentang event kamu di blog mereka. Jika event kamu memang menarik dan berkualitas maka ulasannya pun akan positif. Nah, ulasan positif ini sangat membantu meningkatkan branding event kamu, Sob.
6. Menggaet audiens baru dan pengunjung setia
Kembali lagi pada kesan audiens, kalau mereka terkesan dan puas maka kemungkinan besar mereka akan datang lagi di event selanjutnya. Nah, ini adalah kesempatan kamu dan tim untuk menggaet audiens baru, Sob. Tidak hanya itu, kamu juga berkesempatan memperoleh audiens setia yang bisa menjadi pengunjung setia event kamu.
Itulah keuntungan dari publikasi event kamu di akun media, Sob. Di era sekarang saat ada begitu banyak event online dan offline, media partnership sudah menjadi kebutuhan jasa promosi yang efektif. Jadi, kamu dan tim juga bisa mencobanya, Sob!
Penulis: Gheani Kirani B.T
Referensi:
Foto:
Fauxels. Pexels.com.
Cottonbro. Pexels.com.
Wolfgang. Pexels.com.
Jessica Ticozzelli. Pexels.com.
Andrea Piacquadio. Pexels.com.
Bener, di “semua acara publik” pasti kita butuh media partner, karena media partner ini memperluas jangkauan. Kalau jangkauannya di situ-situ aja pasti pasarnya jadi kecil jg, yang tau event itu juga cuma segelintir orang.
Rencana acara > Publikasi informasi > Audiens > Hari-H
Berhasil atau nggaknya acara salah satunya diliat dari ketercapaian audiens, ketercapaian audiens dipengaruhi seberapa pandainya kita memilih dan/atau berdagang di pasar, salah satunya dgn media partner, ibarat games media partner itu item tambahan wajib. wkwk