/Event Branding: Peran Penting, Strategi, dan Kiat Jitu Melakukannya
Definisi event branding beserta manfaat dan strategi untuk melakukannya.

Event Branding: Peran Penting, Strategi, dan Kiat Jitu Melakukannya

Event branding mungkin masih terdengar kurang familier bagi kamu, tetapi strategi ini umum digunakan oleh banyak perusahaan, lho. Dalam memasarkan produk atau layanan dari suatu merek, ada banyak trik marketing yang dapat diterapkan. Salah satunya dengan membuat event dengang tujuan branding dan campaign.

Jadi, strategi branding tidak terbatas melalui media sosial, menentukan gaya visual dan citra merek, atau tagline saja yang merupakan identitas brand. Upaya pengenalan merek juga dilakukan dengan membuat acara untuk melaksanakan campaign produk.

Nah, strategi ini yang disebut event branding, Sob. Jadi, strategi ini bukan berarti trik memasarkan suatu acara, tetapi menyelenggarakan event dengan tujuan pemasaran bisnis. Mau tahu lebih dalam seputar pemasaran bisnis melalui event? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Event Branding?

Secara sederhana, event branding adalah pembuatan suatu acara untuk memasarkan dan mempromosikan merek agar meninggalkan kesan mendalam bagi audiens yang hadir. Dalam pembuatannya, ada banyak elemen yang perlu dikembangkan supaya tujuan branding melalui event dapat tercapai.

Elemen-elemen itu meliputi identitas brand, nama merek, simbol, gaya visual, slogan, warna, hingga pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan melalui acara tersebut. Dengan mengimplementasikan semua elemen ini ke dalam acara maka akan menciptakan kesan yang membekas dalam ingatan audiens.

Peran Penting Event Branding

Event branding adalah strategi membuat acara untuk mempromosikan bisnis yang bermanfaat pada brand awareness.
Sumber: Unsplash.com

Strategi marketing ini memiliki manfaat atau peran penting untuk branding bisnis. Ada banyak contoh branding melalui event yang dapat dibuat, seperti lomba dan seminar. Jika kamu tertarik menggunakan event branding, simak dulu beberapa manfaatnya.

1. Brand Awareness Merek Dapat Meningkat

Salah satu kunci pemasaran yang baik adalah membuat audiens mudah mengingat dan mengenali identitas merek kita. Oleh karena itu, pembentukan brand identity dipandang sangat penting bagi pengembangan bisnis.

Nah, itu sebabnya melalui event, suatu brand dapat mengenalkan keunikan dan identitas mereka dengan lebih mudah. Hal ini karena dalam penyelenggaraannya, suatu event dipastikan melibatkan banyak audiens.

Jika kamu mampu membuat event yang menarik, dijamin audiens yang hadir akan puas dan mengingat identitas merek kamu.

2. Membangun Interaksi yang Baik dengan Audiens

Audiens yang hadir di event dapat menjadi target konsumen yang potensial menjadi pelanggan setia. Peluang ini dapat terjadi jika dalam event tersebut, brand mampu membangun interaksi yang menarik dengan audiens.

Bayangkan saja, audiens yang datang ke event tersebut dapat mengenal merek dengan lebih dekat. Sebagai penyelenggara acara, kamu tidak perlu susah payah mendekati audiens yang akan menjadi target konsumen kamu.

3. Mendongkrak Penjualan Melalui Pendekatan yang Intens

Sama seperti poin sebelumnya, event branding memampukan brand menjangkau lebih banyak target konsumen. Oleh sebab itu, ada peluang bagi audiens untuk mengenal merek dan tertarik membelinya.

4. Menciptakan Persepsi yang Positif bagi Bisnis

Melalui event branding ini, kamu dapat mengarahkan audiens untuk memiliki persepsi yang positif tentang bisnis kamu. Tentunya hal ini akan bermanfaat dalam jangka panjang, yaitu audiens mengenal bisnis kamu dalam pandangan yang baik.

Nah, itulah empat manfaat event branding yang dapat kamu gunakan sebagai strategi dalam pemasaran bisnis. Sekarang pertanyaannya bagaiman strategi dan kiat untuk melakukan trik marketing ini dengan tepat, ya?

Strategi dan Kiat Melakukan Branding dengan Event

Ada beberapa strategi untuk melakukan event branding, seperti di bawah ini.

1. Tentukan Identitas dari Event yang Dibuat

Sebelum membuat perencanaan event, terlebih dahulu tentukan identitas event yang ingin digarap. Pastikan kamu memilih elemen-elemen visual, seperti logo, slogan, warna, dan lain-lain.

Setelah itu tentukan gaya visual yang ingin diimplementasikan dalam event tersebut, seperti warna dan desain yang khas. Jangan lupa buat tagline yang unik agar acara kamu lebih mudah diingat oleh audiens.

2. Buat Konsep yang Unik dan Mudah Diterima

Selain elemen visual dan identitas, kamu juga perlu menentukan konsep yang cocok untuk target audiens kamu. Konsep acara yang unik akan lebih menarik perhatian dan mudah diterima oleh target audiens.

Jika sudah menemukan konsep yang unik dan menarik, jangan lupa untuk mengemas acara dengan interaktif. Pastikan audiens yang hadir puas dan mengikuti event dengan nyaman.

3. Manfaatkan Media Sosial dan Influencer

Jika event kamu sudah memiliki identitas, elemen visual yang menarik, hingga konsep yang unik maka lengkapi dengan promosi. Lakukan promosi yang aktif di media sosial dan terapkan gaya visual yang identik dengan konsep event.

Kamu juga bisa menggandeng influencer untuk mempromosikan acara agar jangkauan audiens menjadi lebih luas. Nah, itulah tiga strategi dan kiat untuk melakukan event branding!

Penulis: Gheani Kirani B.T

Referensi:

Glints.com

Foto:

Unsplash.com