Sesi brainstorming telah menjadi agenda umum yang rutin dilakukan saat tim dalam perusahaan ingin membuat terobosan atau inovasi. Namun, sesi pengumpulan ide ini tidak selalu berjalan efektif dan memberikan hasil yang baik. Banyak pekerja kreatif yang merasa buntu dan kesulitan menemukan ide menarik, Sob.
Kondisi itu membuat sesi brainstorming tidak efisien. Padahal sebagai kegiatan yang dekat dengan industri kreatif, brainstorming membutuhkan sumbangan ide dari tiap anggota tim agar diskusi dapat berjalan.
Melansir dari Mind Tools, brainstorming adalah teknik pengumpulan ide-ide dengan pendekatan informal untuk mendapatkan inovasi, terobosan, dan solusi dari sebuah masalah. Sesi brainstorming hadir sebagai wadah untuk menampung ide-ide sebanyak mungkin dalam waktu singkat.
Akan tetapi, masih banyak pekerja kreatif yang gagal membangun sesi brainstorming dan tidak bisa menghasilkan ide cemerlang. Di balik kegagalan itu, ada beberapa alasan yang relate dengan masalah umum di sebuah tim. Misalnya banyak anggota tim yang pasif, diskusi keluar dari topik awal, dan kebiasaan anggota yang tidak cocok dengan kerja tim. Kendala ini akan menghambat proses kreatif seluruh tim, lho.
Kalau kamu sering kesulitan menghasilkan ide kreatif dari brainstorming, maka kamu perlu tahu kiat-kiat yang efektif untuk memperbaiki brainstorming kamu, nih! Yuk, simak ulasannya di bawah ini.
1. Buat tujuan sesi brainstorming
Sangat penting untuk menetapkan tujuan brainstorming sebelum memulai. Kamu bisa mencegah arah diskusi tidak melebar melalui cara ini. Anggota juga akan senang kalau bisa mendapat arahan yang jelas.
Menentukan tujuan akan memastikan anggota tahu fokus utama diskusi sehingga bisa memikirkan ide yang cocok dengan topik sesi.
2. Beri waktu persiapan sebelum sesi
Ada orang yang mudah menemukan ide-ide kreatif, tapi ada juga yang harus bersiap dan mencari banyak referensi dulu. Nah, kamu harus mengabarkan jadwal sesi brainstorming ke semua anggota tim sebelum memulai, Sob.
Pastikan anggota tim punya waktu mempersiapkan ide. Jadi, saat sesi dimulai, semua anggota bisa memberikan ide. Dalam sesi brainstorming, tidak boleh ada anggota yang pasif dan hanya datang saja, ya.
3. Bangun lingkungan diskusi yang inklusif
Budaya saling mendukung sudah menjadi bagian dari sesi brainstorming. Meski kritik bisa meningkatkan kinerja seseorang, tapi tidak semua orang dapat menerima kritikan. Lebih baik mendukung setiap ide dan memberi kritikan secara halus.
Sumber: Unsplash.com
Membangun lingkungan diskusi yang positif akan meningkatkan kepercayaan diri tiap anggota. Lingkungan diskusi yang inklusif juga akan membuat orang betah mengikuti sesi brainstorming yang pasti menguras pikiran. Jadi, pastikan jangan sampai anggota jadi malas dan ragu membagikan idenya gara-gara lingkungan diskusi yang toxic, ya.
4. Beri batasan waktu yang jelas
Durasi sesi brainstorming tidak perlu terlalu lama, Sob. Melansir dari Fast Company, durasi idealnya hanya sekitar 20 hingga 30 menit saja. Durasi diskusi yang panjang malah kurang efisien karena akan ada distraksi, seperti rasa kantuk, notifikasi ponsel, atau agenda lain yang belum dilakukan.
Nah, durasi waktu yang singkat pun harus disikapi dengan baik. Pastikan tiap anggota sudah mempunyai ide sebelum bergabung ke sesi. Tujuannya supaya saat sedang berdiskusi, anggota tidak perlu membuang-buang waktu untuk mencari ide lagi.
5. Olah ide dalam bentuk visual yang menarik
Setelah semua ide terkumpul dan dicatat, kamu bisa mengolahnya ke dalam presentasi visual yang menarik. Rangkum semua ide menjadi satu pemaparan yang singkat dan padat. Lalu paparkan kepada semua anggota agar dapat didiskusikan lebih dalam.
Metode ini akan membantu anggota memahami ide-ide yang masuk dalam sesi. Lalu kamu dan tim dapat memilah ide yang bagus dan mengembangkan ide yang masih kurang.
6. Diskusi harus memiliki satu pemimpin
Diskusi akan berjalan ke arah yang tepat jika ada pemimpin. Oleh sebab itu, tentukan satu orang yang akan memimpin sesi. Hadirnya pemimpin tidak hanya mengarahkan diskusi, tapi juga menjaga situasi sesi tetap kondusif. Nah, hal ini tidak boleh disepelekan, ya.
7. Undang orang baru ke dalam diskusi
Melansir dari We Work, jika tim dengan anggota-anggota yang sama melakukan sesi secara terus menerus maka ide-ide tidak akan berkembang. Kamu dan tim bisa mengundang orang-orang baru untuk mendapat referensi ide yang berbeda.
Nah, itu dia tujuh kiat melakukan brainstorming yang efektif dan efisien, Sob. Semua kiat di atas bisa kamu lakukan untuk mengembangkan proses kreatif kamu, baik di tim atau untuk pekerjaan pribadi.
Penulis: Gheani Kirani B.T
Referensi:
Mind Tools. 2022. Brainstorming Generating Many Radical, Creative Ideas.
Fast Company. 2018. This Is How To Make A Team Brainstorming Session Effective.
We Work. 2022. 10 effective brainstorming techniques for teams.
Foto:
Unsplash.com.
Comments