/4 Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partnership Bagi Mahasiswa

4 Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partnership Bagi Mahasiswa

Kamu mahasiswa dan sedang menyelenggarakan event kampus? Kamu bisa memaksimalkan promosi event tersebut dengan menggandeng sejumlah media partner. Selain mendapatkan jangkauan promosi yang lebih luas, membangun hubungan dengan media partnership juga membuat event memiliki nilai prestige yang lebih.

Mahasiswa ternyata memiliki kesempatan untuk bekerjasama dengan media partnership. Caranya pun tidak serumit yang dibayangkan. Kuncinya ada pada bagaimana cara meyakinkan sebuah media untuk bersedia menjalin kerjasama dengan mu.

Nah berikut ini ada ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mencari media partner supaya event bisa semakin sukses!

  1. Membuat Rincian Mengenai Kegiatan atau Event

Sebelum mulai mencari media partner, alangkah baiknya kamu membuat rincian secara mendetail mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan. Mulai dari latar belakang pembuatan kegiatan, tujuan, audiens yang ditarget, peserta yang ditarget, budget, bintang tamu atau pembicara, dan goal yang ini dicapai.

Rincian ini nantinya akan menjadi acuan bagi kamu menentukan media yang tepat untuk event yang akan kamu buat. Selain ini juga bisa menjadi acuan untuk memebuat proposal yang stand out.

  1. Susun Database Media Partnership

Tahap selanjutnya mulai susun daftar media yang akan menjadi calon media partnership yang kamu inginkan. Poin pertama yang harus diperhatikan adalah tingkat kecocokan media dengan target audiens yang kamu inginkan. Sebab setiap media punya gaya dan target audiens yang berbeda.

Kurasi dulu media yang targetnya, citra dan objektifnya mengkomunikasikan hal yang sama dengan event yang akan kamu selenggarakan. Pisahkan juga berdasarkan tingkat optimisme untuk menjalin kerjasama. Hal ini kemudian akan membantumu menciptakan skala prioritas media partner mana yang akan kamu push lebih intens.

  1. Buat Penawaran Kerjasama yang Menarik

Setelah sudah mendapatkan daftar media partner yang cocok kini saatnya kamu mulai menyusun penawaran. Buat skema kerjasama yang bisa menguntungkan kedua belah pihak. Tawarkan juga keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa kamu berikan kepada calon media partner.

Fokus pada keistimewaan dan keunikan event yang akan kamu selenggarakan. Sehingga memiliki nilai lebih. Selain itu pastikan juga kamu membuat MoU yang jelas dan detail. Jangan asal copy paste dari MoU event lain karena setiap MoU bertindak sebagai jembatan hukum pada kerjasama profesional.

  1. Cermat Dalam Membaca Mou dan Perjanjian Kerjasama

Selamat proposal kerjasamamu sudah tembus, ada media yang menyatakan kesediaannya mensukseskan eventmu. Namun sebelum sesi tangan tanda sepakat ada baiknya kamu membaca terlebih MoU dari media partner dengan seksama.

Perhatikan hal-hal yang berhubungan dengan resiko, keuntungan kerugian dan tanggung jawab. Sebab setiap acara dan hubungan kerjasama memiliki poin perjanjian yang tidak sama. Kamu juga perlu menjelaskan MoU yang kamu susun untuk media partnermu. Supaya hubungan kerjama dengan media partner bisa berjalan lancar dan saling menghormati.

Nah, beberapa poin di atas dapat kamu manfaatkan untuk menjalin kerjasama dengan media partnership yang menjadi targetmu. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyiapkan proposal terbaik yang dapat menggambarkan outline atau rencana kegiatan atau event-mu agar media partnership yang akan diajak bekerja sama mengetahui detail dari kegiatanmu. 

Sources: https://eventkampus.com/blog/detail/177/cara-ini-yang-sering-dilakukan-sebelum-mencari-media-partner

https://www.loket.com/blog/media-partner-untuk-event