
Sebagai makhluk sosial, akan sulit bagi manusia untuk hidup tanpa orang lain disekitarnya. Baik di rumah, sekolah, kampus, hingga di tempat kerja, mendengarkan keluh kesah dari keluarga ataupun rekan sejawat menjadi hal yang tidak asing di telinga kita. Skill untuk menjadi pendengar yang baik ini juga sangat berguna di kehidupan sehari-hari dan merupakan bekal yang baik dalam menjaga komunikasi yang sehat. Aapakah kamu merupakan seorang pendengar aktif? Simak tips berikut ini!
Be Attentive
Saat diperhadapkan dengan seseorang yang sedang bercerita, ada baiknya jika kita memberikan lawan bicara kesan bahwa kita sedang benar-benar mendengarkan. Menjaga eye contact, postur tubuh yang baik, serta memperhatikan nada bicara mereka dapat menjadi awalan yang tepat.
Ask if needed
Apakah lawan bicaramu mengharapkan saran atau hanya ingin sekedar didengar? Situasi ini terkadang dapat membuat kamu merasa skeptis. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menanyakan pertanyaan tersebut di awal pembicaraan. Dengan demikian, lawan bicaramu dapat menyampaikan cerita dengan leluasa dan kamu dapat bereaksi dengan tepat. Ingat, untuk menjadi pendengar yang baik, posisikan dirimu sebagai orang yang ingin didengar. Apakah opinimu dapat membantu mereka, atau malah memperkeruh keadaan?

Tidak jarang kita merasa bahwa lawan bicara kita melewati batasan kemampuan kita untuk memproses hal yang disampaikan. Hal ini dapat berpotensi menguras tenagamu, lho. Nah, jika kamu merasakan hal ini, maka kamu dapat mengatur dan menyampaikan boundaries agar tidak saling merugikan satu sama lain kedepannya. Ketahui batasan dan kemampuanmu, maka posisi sebagai pendengar tidak akan merugikan kamu.
Listen
Mungkin terlihat aneh untuk menempatkan langkah “mendengarkan” di posisi terakhir. Namun, jika kamu telah melewatkan dua tahapan sebelumnya, maka kamu dapat dikatakan telah berhasil dalam memahami langkah awal untuk menjadi pendengar yang baik. Kamu juga dapat melakukan parafrase dari apa yang telah dikatakan oleh lawan bicara. Hal ini menunjukkan bahwa kamu mendengarkan apa yang mereka sampaikan.
Di dunia kerja, skill untuk menjadi pendengar yang baik akan sangat berguna bagi dinamika keseharianmu. Maka dari itu, yuk, kita belajar untuk menjadi lebih baik lagi!
Penulis: Nasya Adinda
Referensi: