/3 Iklan Nostalgia Bulan Ramadan

3 Iklan Nostalgia Bulan Ramadan

Sumber: Creative Meta Mata*

Memasuki minggu ke-2 bulan Ramadan tahun 2022 ini, berbagai acara hiburan dari dunia entertainment kembali hadir. Acara sahur, berbuka puasa, hingga acara serial turut menghiasi televisi dan platform media lainnya. Salah satu momen nostalgia adalah iklan-iklan yang hadir hanya pada saat bulan ramadan. Apa saja sih iklan yang identik dengan bulan Ramadan? Check it out!

Iklan Sirup untuk Berbuka Puasa

Sumber: Instagram @marjanboudoin

Warnanya yang cerah dan segar tentu tidak pernah gagal menggugah selera para penontonnya. Uniknya, iklan sirup cenderung tidak pernah muncul selain di bulan puasa dengan tagline andalannya, “Marjan, rayakan kemenangan”! Wah, mungkin ini sebuah trik menarik agar kita berbuka dengan beragam macam minuman segar dengan sirup sebagai bahannya.

Mie Instan ‘Seleraku’

Kalau iklan yang satu ini, hal yang paling diingat adalah lantunan nadanya yang bikin terngiang-ngiang di telinga. Bagaimana tidak, iklan mie instan paling terkenal di Indonesia ini sudah hadir sejak 1990-an dan kemudian menjadi ciri khas dari brand tersebut. Yap, Indomie dengan tagline “Indomie, seleraku” pasti sudah familiar, kan? Kalimat lain yang dicanangkan oleh brand ini adalah “Bikin santai, makin hangat” dengan ilustrasi gunung di atasnya. Mie instan ini yang biasanya juga menjadi ‘bekal wajib’ dari para pendaki gunung karena mudah disajikan.

Sumber: Creative Meta Mata*

Uniknya lagi, bungkus mie instan ini kerap menampilkan piring kosong di saat memasuki bulan Ramadan. Promosi yang menarik ini menjadi ciri khas dari Indomie untuk mengawali bulan puasa setiap tahunnya.

‘Berbukalah dengan yang Manis’

Sumber: Creative Meta Mata*

“Apapun makanannya, minumnya…” Ketika mendengar kalimat ini, pasti teringat iklan yang sejak dahulu menghiasi televisi selama bulan Ramadan. Tagline yang digunakan oleh Teh Botol Sosro merupakan kalimat andalan di bulan Ramadan dari brand minuman teh yang terkenal di Indonesia satu ini. Melansir laman resmi Twitter @tehbotolsosroID, kalimat “Berbukalah dengan yang Manis” sudah digunakan setiap bulan Ramadan kurang lebih sejak 10 tahun yang lalu.

Sumber: Twitter @tehbotolsosroID

Brand-brand di atas memang sering menghiasi layar kaca kita, khususnya saat memasuki bulan puasa. Namun, satu unsur yang berhasil menarik perhatian adalah tagline yang membuat para penonton dan konsumen teringat akan brand tersebut. Menurut Kartajaya (2013) dalam bukunya New Wave Marketingtagline dari tiap produk dapat membantu memahami positioning sebuah merk dengan lebih jelas. Tidak heran jika sirup Marjan, Indomie, dan Teh Botol Sosro akan selalu ada di benak kita di saat momen-momen seperti ini. Menurut kamu, tagline iklan apa nih yang berhasil menarik perhatian di bulan Ramadan kali ini?

Penulis: Nasya Adinda

Referensi:

http://www.indomie.co.id/About/History

Instagram @marjanboudoin https://www.instagram.com/p/CbgqO_IrO3J/

Pexels.com

Kartajaya, H. (2013). New wave marketing. Gramedia Pustaka Utama.

Twitter @tehbotolsosroID

*Ilustrasi oleh Tim Creative Meta Mata