/12 Tips Interview Kerja Online agar Sukses Diterima Bekerja
Tips interview kerja online yang ampuh lolos diterima bekerja.

12 Tips Interview Kerja Online agar Sukses Diterima Bekerja

Interview kerja online makin banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan di era digital seperti sekarang. Selain karena efektif dan praktis, interview kerja online juga mempercepat dan mempermudah proses rekrutmen tenaga kerja karena dilakukan secara daring. Akan tetapi, bukan berarti wawancara kerja online menjadi mudah, ya.

Wawancara kerja memerlukan persiapan yang matang, entah dilakukan secara daring maupun datang langsung ke perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelamar untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Akan tetapi, masih banyak mahasiswa atau fresh graduate yang belum memahami kiat-kiat interview kerja online yang baik. Nah, berikut ini ada 12 tips wawancara kerja daring yang dapat kamu praktikkan agar memperbesar peluang diterima bekerja, Sob.

1. Pastikan Laptop atau Ponsel Sudah Siap

Wawancara kerja online mempunyai satu keunggulan, yaitu fleksibel. Kamu hanya perlu duduk di depan perangkat gawai, seperti laptop atau ponsel. Jadi, kamu harus memeriksa kapasitas dan kemampuan perangkat gawai kamu. Pastikan tidak ada kerusakan yang dapat mengganggu proses interview.

Disarankan untuk menggunakan laptop atau komputer agar hasil gambar jauh lebih baik dan maksimal. Jika terpaksa memakai ponsel, cari posisi terbaik dan usahakan wajah kamu terlihat jelas di layar.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sinyal internet menjadi aspek penunjang proses wawancara yang sangat penting. Jadi, pastikan kamu sudah membeli paket internet yang tidak lemot. Lebih baik tidak menggunakan WiFi agar jaringan tetap stabil.

3. Periksa Kamera Laptop atau Ponsel

Tips interview kerja online bagi mahasiswa dan fresh graduates.
Sumber: Unsplash

Aspek pendukung interview kerja online lainnya adalah kamera. Kamu bisa mencoba berlatih menggunakan Zoom Meeting bersama teman kamu untuk memeriksa pencahayaan di rumah. Pastikan kamera berfungsi dengan baik selama sesi latihan. Jika kamu menggunakan kamera ponsel, lebih baik gunakan tripod agar hasil rekaman tidak goyah.

4. Cari Posisi yang Nyaman di Rumah

Nah, jika aspek-aspek teknis sudah siap, kini saatnya mencari posisi terbaik. Pastikan kamu tidak melakukan wawancara di tempat yang kemungkinan besar akan berisik. Lebih baik cari posisi di kamar dengan pencahayaan yang terang.

5. Gunakan Lampu Tambahan dan Cari Latar Belakang Polos

Kamu bisa menggunakan lampu tambahan untuk menerangi wajah dan membuat video lebih terang selama sesi interview online, seperti ring light. Jika tidak ada pun bukan masalah, ya. Satu hal terpenting adalah mempersiapkan latar belakang yang polos.

Hal ini agar penampilan kamu selama interview kerja online terlihat profesional. Jadi, kamu dapat mencari posisi di depan tembok berwarna cerah yang polos atau menutupi dinding dengan kain.

6. Kenakan Pakaian yang Terlihat Profesional

Jangan sepelekan soal pakaian, ya, Sob. Wajib banget buat memakai setelan yang rapi dan tampak profesional. Sangat disarankan mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam yang standar, serta jas hitam.

Meski kamu hanya tampil di depan kamera, kamu tetap harus berpakaian yang rapi. Jangan lupa sedikit berdandan agar wajah kamu tidak pucat saat tertangkap kamera. Kalau kamu laki-laki, hanya perlu merapikan rambut, ya.

7. Latih Bahasa Tubuh agar Tidak Kaku

Tips interview kerja online agar diterima bekerja.
Sumber: Unsplash

Banyak pelamar yang tegang sebelum interview kerja online dimulai sehingga bahasa tubuhnya menjadi kaku. Alhasil, pelamar akan terlihat gugup dan mungkin melupakan apa yang sudah dipersiapkan.

Oleh sebab itu, sangat penting buat melatih bahasa tubuh. Cobalah berlatih menjawab pertanyaan dan menjelaskan diri kamu di depan kaca. Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau orang terdekat untuk mendengarkan latihan kamu.

8. Berpikiran Positif dan Atur Pernapasan

Atur pernapasan selama berbicara dan pastikan selalu tersenyum supaya pikiran kamu tetap positif. Intinya jangan memikirkan hal-hal negatif sebelum interview kerja online dimulai, seperti takut dengan pertanyaan tak terduga atau khawatir terhadap tanggapan rekruter.

Kunci agar kamu tetap percaya diri adalah dengan selalu rileks dan memiliki mindset yang kuat. Oleh karena itu, cobalah mengalihkan pikiran buruk dengan melakukan aktivitas ringan atau membaca ulang CV ATS kamu agar percaya diri.

9. Pelajari Perusahaan Tempat Kamu Melamar

Lebih baik pelajari dulu hal-hal terkait perusahaan tempat kamu melamar. Hal ini akan menghindarkan kamu dari perasaan gugup saat ditanya oleh rekruter. Kamu juga mempunyai banyak informasi seputar perusahaan yang dapat ditanyakan kembali.

10. Jangan Panik dan Jaga Pandangan Mata

Interview kerja online bukan ujian yang menakutkan, kok. Justru pada tahap ini, kamu akan mengenal sistem kerja dan value perusahaan. Begitu pula dari pihak perusahaan dapat mengetahui kemampuan kamu.

Jadi, anggap saja sesi wawancara sebagai tahap pengenalan. Jangan panik ketika kamu mendapat pertanyaan yang sulit. Selain itu, disarankan tetap menjaga pandangan mata lurus ke depan kamera agar kamu terlihat siap mengikuti interview.

11. Atur Kecepatan Bicara dan Tetap Fokus

Bicara di dalam ruang meeting daring sangat berbeda dari public speaking di ruangan. Bisa saja terjadi gangguan pada sinyal internet dan suara kamu terputus. Jadi, aturlah kecepatan bicara agar rekruter tidak kesulitan mendengar suara kamu.

Jika ada hambatan, usahakan tetap fokus dan ulangi perkataan kamu dengan lugas dan tanpa keraguan.

12. Jaga Etika Selama Wawancara

Jangan pernah menyela perkataan rekruter atau menggunakan kata-kata yang kurang sopan. Dalam dunia kerja, etika dan etos kerja adalah dua aspek yang sangat krusial. Jadi, di tahap interview kerja online ini kamu harus membuktikan kalau kamu punya etika yang baik.

Nah, itulah 12 tips interview kerja online yang bisa kamu terapkan jika hendak melamar kerja, Sob.

Penulis: Gheani Kirani B.T

Referensi:

Glints

Foto:

Unsplash.com.