/10 Cara Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru agar Cepat Membaur
Cara beradaptasi di lingkungan kerja baru agar mudah berkembang.

10 Cara Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru agar Cepat Membaur

Beradaptasi di lingkungan kerja baru bukan hal yang mudah bagi sebagian besar orang, terutama tiap kantor tentu memiliki budaya kerja yang berbeda. Selain culture di perusahaan, cara kerja dan pergaulan di lingkungan kantor juga menjadi tantangan bagi pekerja baru.

Akan tetapi, tiap pekerja harus beradaptasi agar cepat membaur dengan rekan-rekan di kantor sehingga mampu memberikan kinerja terbaik saat terlibat dalam project tim. Tak hanya itu, kemampuan adaptasi yang baik juga memungkinkan pekerja baru berkembang lebih cepat di posisinya.

Namun, tentunya ada cara-cara yang perlu dipelajari supaya proses adaptasi lingkungan kerja baru tidak memberatkan dan membebankan pundak pekerja. Kendati proses membaur ini terdengar sulit dan menakutkan, tetapi nyatanya tidak sesulit itu, kok. Berikut ini ada sepuluh cara beradaptasi di lingkungan kerja baru, Sob!

1. Pelajari dulu budaya di tempat kerja baru

Supaya kamu tidak canggung saat berhadapan dengan rekan-rekan kerja, coba pahami dan pelajari dulu seperti apa culture di perusahaan baru ini. Saat hari pertama masuk kerja di kantor baru, amati cara kerja rekan-rekan kamu dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan atasan.

Cara ini bisa memberimu pengetahuan tentang tempat kerja baru sehingga kamu tidak akan terlalu canggung. Selain itu, jika kamu masih malu berkenalan, kamu bisa mencoba terhubung dengan media sosial rekan-rekan kerja atau terkoneksi dengan mereka di LinkedIn.

2. Jadilah pribadi yang ramah dan selalu tersenyum

Tunjukkan kalau kamu pribadi yang ramah dengan selalu menyapa rekan-rekan, senior, atau atasan di kantor. Jangan lupa selalu tersenyum supaya kamu terlihat antusias dengan apa yang kerjakan di perusahaan baru ini.

Cara beradaptasi di lingkungan kerja baru agar berkembang lebih maksimal.
Sumber: Instagram/sbsdrama.official

Kalau kamu masih kaku untuk mulai mengobrol dengan rekan satu tim, cobalah selalu tersenyum dan bicara dengan nada yang antusias.

3. Terbuka dengan proses dan pelatihan di kantor baru

Di kantor baru, kamu pasti harus mempelajari cara kerja sesuai posisimu agar mampu memenuhi job description yang ditetapkan perusahaan.

Nah, sangat penting untuk terbuka dengan pelatihan yang diberikan perusahaan agar kemampuan kamu dapat berkembang maksimal. Jadi, biasakan diri kamu dengan proses dan jangan menghindarinya, ya!

4. Beranikan diri keluar dari zona nyaman

Masalah yang dihadapi pekerja baru biasanya lambat beradaptasi dengan tuntutan kerja, target tim, dan budaya perusahaan sehingga merasa kurang berkembang. Hal ini dapat terjadi karena pekerja baru tidak berani dari keluar dari zona nyaman.

Oleh karena itu, kamu perlu memberanikan diri keluar dari batasan-batasan yang kamu buat, seperti tidak takut menghadapi tuntutan pekerjaan.

5. Tanamkan rasa percaya diri yang kuat

Bisa dibilang percaya diri adalah kunci beradaptasi di lingkungan kerja baru yang wajib buat dilakukan. Tanpa rasa percaya diri yang kuat, kamu akan mudah goyah dengan tantangan yang pasti selalu ada dalam tiap pekerjaan.

6. Ubah mindset agar tidak takut gagal

Selain kepercayaan diri yang bagus untuk membangun mental pekerja, peran mindset juga sangat penting bagi proses adaptasi, lho! Sebagai pekerja yang akan menghadapi kerasnya dunia kerja, kamu harus punya mindset yang tangguh.

Tips supaya lebih cepat membaur di tempat kerja baru bagi pekerja.
Sumber: Instagram/jtbcdrama

Ubah sudut pandang kamu terhadap kegagalan di dunia kerja, seperti belum berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh atasan. Bukan masalah jika target belum tercapai karena ada yang jauh lebih penting dari itu, yakni memiliki solusi dan strategi yang lebih matang.

7. Selalu komunikasikan masalah dan kendala

Komunikasi juga kunci yang sangat penting dalam proses adaptasi di tempat kerja baru, terutama kalau kamu berada di bawah arahan ketua divisi dan atasan. Jadi, sangat penting buat tetap berkomunikasi dengan atasan atau senior yang dapat diandalkan jika kamu mendapatkan kendala dalam pekerjaan.

8. Jadi diri sendiri saat bergaul dengan rekan kerja

Meski beradaptasi di lingkungan kerja baru membutukan perjuangan, tapi kamu tidak perlu sampai mengubah diri menjadi orang lain, kok. Tetap jadi dirimu apa adanya, baik saat berada di dalam tim atau bergaul di luar jam kerja.

Selain membuat dirimu lebih tenang, menjadi diri sendiri juga menciptakan citra diri yang positif sehingga rekan-rekan kerja juga merasa nyaman bergaul denganmu.

9. Jauhkan diri dari prasangka negatif

Prasangka negatif atau asumsi yang buruk terhadap lingkungan kerja baru hanya akan memperkeruh pikiranmu, Sob. Alhasil, kamu bisa kesulitan fokus mengerjakan tugas-tugas dan kehilangan semangat.

Jauhkan diri kamu dari asumsi-asumsi buruk yang belum tentu benar, ya. Lebih baik jaga pikiran kamu agar tidak berlebihan memikirkan segala sesuatu. Intinya jangan sering overthinking dan pikiran hal-hal baik saja.

Tips ini juga membantu kamu terhindar dari masalah burnout yang selalu menghambat pekerjaan. Namun, jika kamu sulit mengendalikan pikiran, coba diskusikan masalah kamu ini dengan rekan kerja yang kamu percaya dan minta solusi terbaik.

10. Kerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab

Menjadi pribadi yang profesional adalah syarat paling penting jika kamu ingin cepat beradaptasi di lingkungan kerja baru. Jadi, kamu perlu bekerja dengan penuh tanggung jawab dan memperhatikan tiap arahan.

Akan tetapi, kamu juga wajib memperhatikan kesehatan, ya. Jika kamu tidak ingin terus izin sakit di pekan-pekan pertama masuk kerja, lebih baik imbangi kerja keras kamu dengan pola hidup sehat.

Nah, itulah sepuluh cara beradaptasi di lingkungan kerja baru! Jika kamu melakukan cara-cara di atas, dijamin kamu akan lebih cepat beradaptasi, Sob.

Penulis: Gheani Kirani B.T

Referensi:

Glints

Foto:

Hancinema.net

Instagram.com/jtbcdrama

Instagram.com/sbsdrama.official